5 Tips yang Bisa Bunda Lakukan Jika Ingin (Tetap) Menulis

Hobi setiap ibu pasti berbeda. Saya sendiri hobi menulis atau lebih tepatnya sekarang ngeblog. Sekalipun sudah ada anak, saya tetap ingin ngeblog. Malah anehnya, saya lebih rajin justru saat sudah ada anak. Entahlah, saya hanya merasa banyak sekali ide yang muncul di kepala. Sayang juga kalau tidak dituangkan. Itu sebabnya pula saya membuat blog ini. Untuk bercerita segala hal yang terkait dengan anak saya, atau juga tentang pernikahan dan hal-hal yang terkait dengan keluarga.


Lantas, bagaimana caranya saya bisa tetap ngeblog sementara ada anak yang harus diurus? Belum lagi pekerjaan rumah yang juga melambai-lambai setiap harinya untuk minta diselesaikan. Berikut, 5 tips dari saya:
https://pixabay.com/id/komputer-laptop-teknologi-keyboard-768608/

1. Pastikan kerjaan rumah sudah beres

Yesss. Jadi ibu sudah tidak bisa bangun siang lagi seperti saat masih single atau belum ada anak. Habis subuh, harus gerak cepat karena jam 8 ayah sudah harus bekerja. Nah sementara ayah belum berangkat, minta tolonglah pada ayah untuk memandikan bayi dan menjaganya, bisa juga sambil menjaga, bayi juga dijemur. Selanjutnya kita bisa menyapu, beres-beres rumah, juga membuat sarapan dan memasak.


2. Susui atau beri makan bayi lebih dulu

Untuk bayi yang masih menyusui, maka susuilah bayi Bunda terlebih dulu. Atau kalau dia sudah makan, beri makanlah dulu agar kita tenang, bayi juga sudah kenyang.

3. Setelah disusui biasanya bayi akan tidur. Dan Bunda bisa memanfaatkan waktu tidur ini

Setelah tidur, kita bisa langsung memanfaatkan waktu ini untuk menyalakan laptop dan mulai menulis. Terserah sih, dengan media apa menulisnya. Tapi ini kan kita lagi ngomongin ngeblog ya. Jadi lewat PC, laptop, ataupun handphone kalau Bunda memang suka menulis lewat handphone :) Tapi kalau bayi memang tidak tidur ya ajak main saja sebentar :))

4. Siapkan draft sebanyak-banyaknya dan abaikan media sosial terlebih dulu

Saat si kecil tidur kan biasanya agak lama tuh, nah tinggal kita yang harus fokus. Kalau perlu tutup semua media sosial dulu. Sebab biasanya media sosial menjadi gangguan yang paling utama di era modern sekarang ini -_- Dengan begitu, kita bisa fokus untuk menulis. Hitung-hitung jika Bunda bisa menyiapkan banyak draft/tabungan tulisan. Sehingga besok-besok bisa tinggal dipublish saja :)) 

5. Tampung ide di handphone atau buku catatan

Ini tips yang sebenarnya paling penting. Daripada menunggu menyalakan laptop dulu, sementara ide sudah bergentayangan (?) di kepala, maka agar idenya tidak hilang, lebih baik disimpan atau catat dulu di handphone atau buku catatan Bunda. Tapi biasanya sih, ibu-ibu sekarang kebanyakan megang handphone ya :)) Apalagi sekarang kan handphone sudah canggih. Sudah ada fitur notes untuk mencatat. Untuk idenya, tidak usah panjang-panjang, catat saja garis besarnya. Misalnya tiba-tiba Bunda terpikir untuk menulis tips memandikan bayi dengan anteng. Catat saja itu dulu. Atau Bunda bisa menjabarkan poin-poin besarnya. Misalnya agar saat dimandikan bayi anteng, bisa dengan mengajak bayi bernyanyi, mengajak bayi bicara, dan sebagainya. Dengan ditulis poin-poinnya, Bunda akan lebih mudah untuk mengeksekusinya nanti. 

Yap lima hal itu sih yang biasanya saya lakukan. Namun, barangkali tips ini hanya berlaku untuk Bunda yang masih bayi yang belum banyak tingkah seperti bayi saya ya hehe. Nah kalau bayi sudah bisa bergerak atau bertingkah, saya juga belum terpikir tuh :)) Mungkin saya bisa memanfaatkan waktu saat malam bayi sudah benar-benar tidur. Jadwal setiap ibu rumah tangga pun berbeda-beda. Ada yang bangun subuh langsung masak, baru mandi dan memandikan bayi. Ada yang habis subuh langsung mandi baru masak dan lain-lain, dan seterusnya. Ya intinya disesuaikan dengan kebiasaan Bunda saja. 

Dan kesimpulan terbesarnya, adalah niat yang kuat. Dengan memiliki niat ingin tetap menulis atau ngeblog, maka Bunda sendiri yang tahu kapan waktu luang yang bisa Bunda gunakan untuk bisa me time atau menulis. Maka di situlah Bunda bisa memanfaatkan waktu emas ini untuk mulai menulis :)

So, tetap semangat ya, Bunda! ^_^

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, and Bookish.
Live in Surabaya.
For question, please email:
adedelinap@gmail.com
Keep smile, keep spirit, positive thinking ^_^

8 komentar:

  1. Selamat pagi, Mbak Ade. Makasih tipsnya. Bermanfaat banget bagi saya yang baru belajar. :-) :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya Mbak :)

      Hapus
  2. wah, tips-nya bermanfaat banget mbak. thank you ya... buat aq yang jadi PR banget itu adalah menyelesaikan pekerjaan rumah dulu. hahahaha... kadang melek mata ada ide... pengennya langsung nulis. apa daya cucian melambai2. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha jadi geregetan ya Mbak. Dicatet aja dulu idenya di hp :D

      Hapus
  3. Sosmed memang gangguan utama Mak, kadang nggak kerasa ngabisin waktu buka-buka cerita orang lain karena kepo. Nah, saya setuju tuh nulis ide di HP, jadi godaan buka sosmed via hp bisa dieliminir.... Thanks tipsnya

    BalasHapus
  4. Wewww, jadi lebih kebayang nih mba harus ngapain. Selama ini udah nulis draft, tapi kurang disiplin buat nulis. Makasih sudah berbagi :)

    BalasHapus

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.