Mau (Tetap) Menyusui Saat Hamil atau Punya Dua Bayi? Siapkan Amunisinya!

"Sekarang kamu nggak bisa bikin jadwal kayak dulu. Jam segini harus ini, jam segitu harus itu. Sekarang kerjaanmu cuma nyusuin aja." Itu kata ibu saya.

Haha iya sih, kerjaan saya sekarang memang lebih banyak untuk menyusui aja. Apalagi harus menyusui dua bayi. Waktu untuk ngerjain pekerjaan lain mau nggak mau harus nyuri-nyuri waktu di saat anak tidur, atau ada yang jaga.
via Pixabay
Walaupun capek, sebenernya saya bersyukur juga sih. Sampai saat ini, ASI saya masih lancar. Bahkan pas kemarin hamil pun, saya masih bisa menyusui Emir sampai detik-detik mau melahirkan.


Nah, baru-baru kemarin banyak yang tanya, "emang boleh menyusui saat hamil?" Saya bilang BOLEH. Dengan syarat TIDAK ADA KELUHAN apapun. Atau lebih amannya ya konsultasi dulu dengan dokter kandungan atau bidan untuk melihat kondisi kita apa boleh menyusui atau tidak saat hamil.

"Trus gimana setelah anak kedua lahir?" Kalau saya sekarang sudah 'mengikhlaskan' Emir untuk dibantu sufor. Tapi kalau memang mau menyusui dua-duanya juga nggak masalah. Saya pun masih menyusui Emir kok. Jadi dengan kata lain ya tandem nursing. Sufor hanya sebagai pendamping aja. Tapi lagi-lagi ini harus lihat kondisi diri sendiri ya. Kira-kira bisa nggak? Kuat nggak menyusui dua bayi? Kalau memang jawabannya YA, silakan boleh dilanjutkan.

Jangan lupa juga ya siapkan amunisinya. Mau itu menyusui saat hamil atau NWP (Nursing While Pregnant), pun tandem nursing.

  • 😊 Niat
Pertama kali yang harus kita siapkan adalah niat. 
“Innamal A’malu Binniyat” (1)“Amal itu tergantung niatnya"


Waktu saya hamil, saya sudah menanamkan kuat dalam pikiran agar saya tetap menyusui Emir. Pun saat adiknya lahir, saya maunya tetap menyusui Emir. Nah karena niat kuat itulah, Allah lancarkan perjalanan menyusui saya sampai saat ini. Maka kalau Bunda mau tetap menyusui, Bunda harus terus menanamkan niat yang kuat dalam diri 😇

  • 😀 Bahagia
Setelah niat, yang utama adalah ibu menyusui HARUS BAHAGIA. Mau makan sebanyak apapun, sekuat apapun tenaga, kalau ibu tidak bahagia, maka ASI itu jadi tidak lancar. Karena itu, minta dukungan orang-orang sekitar supaya tidak menambah beban pikiran ibu. Ya, paling tidak, minta dukungan suamilah sebagai orang terdekat kita. Supaya kita bahagia, ASI lancar terus 😊

  • 💪 Tenaga
Bagi ibu-ibu yang sudah merasakan menyusui, pasti tahu betapa capeknya menyusui. Baca: Aku Lelah Menyusui. Makanya, hai orang-orang jangan suka ngomong, "kerjaan CUMA nyusuin aja." Heu. Menyusui itu capek juga tahu. Maka kita harus menyiapkan tenaga. Kalau satu bayi saja sudah capek, bagaimana harus menyusui sambil membawa bayi di dalam perut. Sudah siapkah kita menyiapkan tenaga ekstra? Pun saat bayi kedua lahir, siapkah kita harus menyusui dua bayi? Intinya, siapkan tenaga lebih. Jangan forsir untuk melakukan banyak hal saat hamil atau punya dua bayi. Karena percayalah menyusui itu cukup makan banyak tenaga. Urusan lain masih bisa ditunda sementara waktu (kecuali ibadah ya) 😊

  • 🍞 Makanan
Ibu menyusui harus makan banyak, itu benar. Apalagi kalau kita hamil atau punya dua bayi. Otomatis asupan makanan yang masuk, jadi buat tiga orang. Maka itu, selama tidak ada alergi atau keluhan apapun, bolehlah kita makan apapun. Yaa atau coba pergi ke yang jual cold pressed juice Jakarta. Hitung-hitung  sebagai booster ASI yang sehat kan 😁

  • 😇 Kesabaran
Sabar itu nggak mesti dalam ujian hidup aja *halah. Tapi juga dalam menyusui. Waktu yang 'terbuang' untuk menyusui, memang terasa melelahkan. Apalagi saat kita hamil atau menyusui dua bayi terus-terusan. Tapi bersabarlah. Karena ini akan menjadi ganjaran pahala. Lebih dari itu, yang terpenting adalah ikatan kita dengan anak-anak menjadi semakin dekat. Pun dengan mereka diberi ASI, maka mereka akan mendapatkan zat gizi paling sempurna untuk petumbuhan dan perkembangan kecerdasannya 😊

Well, menyusui memang butuh perjuangan, bahkan bisa jadi melelahkan, tapi semua pengorbanan itu kelak akan terbayar manakala kita melihat anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, and Bookish.
Live in Surabaya.
For question, please email:
adedelinap@gmail.com
Keep smile, keep spirit, positive thinking ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.