Lulus Tepat Waktu dari Universitas Terbaik di Jakarta

Untuk jadi yang terbaik, pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Begitu pun ketika kita memilih berkuliah di universitas terbaik di Jakarta. Selain mengerjakan skripsi, menghadapi dosen serta berusaha memperoleh nilai baik, seorang mahasiswa juga dituntut untuk menyelesaikan studi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Di era seperti sekarang, para mahasiswa bahkan sudah berpikir untuk menyelesaikan studinya dalam jangka waktu 3,5–4 tahun. 
Benar sih, bahwa lulus cepat bukanlah segala-galanya, dan tidak bakal menjamin kesuksesan seseorang. Tapi ada keuntungan besar yang bisa dipetik dengan kuliah cepat, yakni beban keuangan orangtua bisa dikurangi dengan signifikan. Cepat lulus juga berarti membuka kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada usia yang tidak terlalu tua.

Banyak tips dan trik yang wajib diaplikasikan oleh siapapun yang ingin cepat lulus dari universitas terbaik di Jakarta. Berikut ulasannya: 

  • ‌Mendahulukan kepentingan akademis

Yang penting bagi seorang mahasiswa adalah belajar, karena itu sudah menjadi kewajibannya. Hal ini tidak berarti bahwa seorang mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengikuti organisasi di kampus, tapi yang paling penting adalah bagaimana menyelesaikan kewajiban pendidikan sekaligus mengesampingan kegiatan yang sifatnya sekunder atau tambahan. Jangan sampai menelantarkan waktu belajar hanya demi beroganisasi di dalam kampus 😊


  • ‌Berdiskusi dengan dosen ketika tidak paham

Fungsi seorang dosen bukan hanya memberikan ilmu, melainkan juga berfungsi sebagai teman tukar pikiran dalam segala hal terkait dengan materi kuliah yang diajarkan di kelas. Jika merasa kurang dalam memahami materi perkuliahan, sebaiknya mahasiswa tidak ragu untuk bertanya dan berdiskusi dengan dosennya. Tindakan semacam itu bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan.
Seorang dosen tidak akan ragu membantu mahasiswanya selama memungkinkan untuk dilakukan. Dengan mengajak dosen berdiskusi, mahasiswa juga bakal terbantu untuk lulus dengan cepat dan dengan pemahaman yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Lebih jauh lagi, berdiskusi dengan dosen juga akan membantu mahasiswa untuk lebih dekat dengan dosen. 


  • ‌Manfaatkan semester pendek

Mengulang mata kuliah bukanlah hal buruk, dan ini dialami oleh hampir seluruh mahasiswa. Sebuah mata kuliah inti biasanya harus diulang ketika nilainya buruk, dan ini bisa diperbaiki dengan memanfaatkan semester pendek yang diadakan di beberapa universitas terbaik di Jakarta.   

Ya, semoga informasi ini bermanfaat 😊

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, and Bookish.
Live in Surabaya.
For question, please email:
adedelinap@gmail.com
Keep smile, keep spirit, positive thinking ^_^

8 komentar:

  1. Bener banget klo fokus di pendidikan pasti cepet lulus. Jadi inget ada temen yg lulus 3,5 tahun. Keknya karena dia bisa ambil sks di tingkat atas jadi beban sks dia jauh berkurang di tahun terakhir. Tinggal kerjain skripsi trus selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau fokus, cepet lulus, jalan ke sananya jadi lebih lancar ya Mbak :)

      Hapus
  2. Intinya harus fokus agar cepet lulus, dan harus pnya tujuan plus target juga ya biar tambah semangat cepet lulusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Target juga penting :)

      Hapus
  3. Makasihh mbaak sharingnyaa :D banyak adik kelas skrng yg ambil 3,5 tahun mbaak. Tp menurut saya pribadi, fokus pada apa yg ada, nikmati proses dan tak perlu terburu-buru. Ada univ diluar seperti jepang (apabila ingin melanjutkan S2) mewajibkan untuk menempuh pendidikan 16 tahun, it means harus 4 tahun S1 nya :D hehehe jd yg penting ilmunya dapat dan lulusnya juga tepat waktu :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin cepat, mungkin biar lebih tenang hehe :)) Tapi yang penting memang tidak kelewat batas waktu sih :)

      Hapus
  4. bagus sih mbak soal lulus tepat waktu. masalahnya tepat waktu sekarang sering diartikan lulus 'secepatnya' padahal banyak yang lulus tapi ilmu dan pribadinya belom matang, dan jadilah mereka pengangguran karena ya itu... antara akademis dan non akademis gak seimbang

    BalasHapus
  5. Anakku kudu baca ini deh, semester depan udah masuk tahun keempat dan dia belum KKN apalagi skripsi *malah curhaaattt

    BalasHapus

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.