DIY: Playground untuk Anak

Ceritanya waktu pulang ke Bekasi bulan Desember lalu, suami kepikiran untuk bikin playground anak yang pernah saya tunjukkin. Saya memang pernah lihat postingan seorang Bapak di Facebook yang bikin playground untuk anaknya dari pipa. Dipikir kayaknya lebih hemat juga. Apalagi kata si Bapak cuma habis 700 ribuan. Dibanding beli playground di luar yang harganya bisa 1 jutaan ke atas, ya bener, kenapa nggak bikin sendiri aja 😀

Emir sekarang juga lagi fase merangkak. Pasti berguna banget kalau ada playground, biar nggak kemana-mana misalnya saya tinggal masak atau ke kamar mandi 😁 Pas banget di Bekasi, Abahnya Emir (ayah saya) punya gergaji listrik, ya sekalian aja minta tolong Abahnya Emir yang buatin hehehe. Maksudnya bantu motong-motongin pipanya gitu 🙈 Biar nanti tinggal dikirim ke Surabaya, terus ayahnya Emir tinggal pasang deh hehe. Menghemat waktu juga kan hihi.

DIY: playground untuk anak

Berikut bahan-bahan, alat yang dibutuhkan, dan cara untuk membuat playground anak:
Bahan-bahan:
  • Pipa 1/2 sebanyak 15 pc
  • T 1/2 sebanyak 150 pc
  • Keni 1/2 sebanyak 8 pc
Semuanya dibeli, habis total Rp 567.000.
Alat yang dibutuhkan:
  • Gergaji
  • Palu
Cara buat:
  • Potong satu pipa menjadi 70 cm.
  • Setelah semua 15 pipa dipotong, pipa tinggal direkatkan ke T, dan sikunya diberi Keni T. 
  • Kencangkan rekatan dengan palu.
ini proses perekatan pipa ke T dan Keni

Emir lagi bantu ayah hehe
Nah finalnya, jadi begini nih:
masuk dan keluarnya lewat pintu yaa 😆

ini penampakkan pintunya
Kurang lebih lebarnya jadi 2 meter. Dan tingginya 70 cm. Lumayanlah dengan lebar dan tinggi segini, anak nggak bisa kemana-mana hehe. Mau dipanjat susah, disender pun nggak bisa. Karena playgroundnya insya Allah kuat.

Kok nggak pakai matras? Hehe sebenarnya sudah bikin. Tinggal dipasang aja busanya. Matrasnya juga bikin sendiri. Lagi-lagi sarung matrasnya dibantu jahitin sama Abah hehe. 

Nah itu dia DIY playground untuk anak. Keuntungannya lebih hemat daripada beli playground yang biasa dijual di pasaran. Selain itu anak juga aman, karena tidak bisa kemana-mana. Kalau mau ditinggal pun lebih tenang.

Oh ya, karena tidak direkatkan pakai lem, pagar playground ini bisa dibongkar pasang. Jadi kalau anak sudah besar, pipanya bisa dipakai untuk yang lain. Jemuran misalnya :D

Terakhir, saya mau terima kasih banyak sama Bapak yang waktu itu udah posting, makasih Pak atas inspirasinya 😊🙏

Bagaimana? Bunda juga tertarik? Yuk bikin 💁

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, and Bookish.
Live in Surabaya.
For question, please email:
adedelinap@gmail.com
Keep smile, keep spirit, positive thinking ^_^

41 komentar:

  1. Wah, idenya mantap nih, sayang anakku udah gede gak pakai ini lagi hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi nanti kalo ada anak lagi Mak, *eh :D

      Hapus
  2. Dah lama pengen bikin lebih karena tertantang bukan karena merasa perlu (emak macam apa saya kwkwkw). Soalnya klo di pikir2 umaro di bebasin main kemana ajah sih. Kasihan kalau di kurung hihihi. Btw gimana pondasi Playground nya? Kokoh gak? Gampang copot gak? Gampang geser gak? Kemaren umaro saya buatkan mainan gantung dari Pralon. Kesenggol gampang banget lepasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kokoh, ga gamoang copot krn udah dikencengin pake palu, ga gampang geser juga krn ada pintu jadi lebih paten. Dicoba aja Mak hehe. Ini supaya Emir aman aja kalo misal lg ditinggal. Soalnya d rumah banyak tangga :D

      Hapus
  3. Suami aku juga kmrn punya ide bikin ginian ni di rumah.

    BalasHapus
  4. wah boleh juga nih pengen nyoba bikin juga

    BalasHapus
  5. Baguusss...
    Cm kalo rumahnya sempit ya habis buat playground doang ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe emang mesti nyediain ruang yang luas 😁

      Hapus
  6. Kreatif, tapi Marwah udah gede hehe padahal pengen bikin kayak gini nih wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat nanti adeknya Marwah Mak, eh :))

      Hapus
  7. kreatif banget papahnya bikin2 playground buat si kecil mbak

    BalasHapus
  8. Waaa... keren banget. Yang pasti Emir jadi aman mainnya ya.

    BalasHapus
  9. waaaah kreatif banget, jadi pengen beli buat ntar punya anak hehe

    BalasHapus
  10. Kreatif amat sih Mak, hihi..koq kepikiran gitu? Rumahku kecil sih Mak..jd kalau dibikin playground gitu jadi makin sempit. Tapi ide bagus juga sih ini, biar anak ngga kemana-mana. Aman juga pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak udah merangkak Mak. Kasian kalo ditinggal bahaya krn banyak tangga juga di rumah.

      Emang harus di area luas playgroundnya hehe

      Hapus
  11. Wah asiknya EMir punya playground baruuuu <3 Kreatif nih abi-nya Emir, tinggal nambah matras aja ya mak, atau bola-bolaan jadi bisa buat mandi bola yaaa :D

    BalasHapus
  12. Seruuu bgt Emir punya playground gini yah.. Keren Mba Ade idenya.. Aman bgt ini klo anak lg belajar ngerangkak, kitanya bisa sambil nyambi2 yaa.. hihihi :D

    BalasHapus
  13. Aku jadi kepingin coba. Kebetulan anak kedua mau 6 bln. Terimakasih sharingnya ya!

    BalasHapus
  14. waaa kereeen banget mba, bisa jadi ide buat mama2 lain yang punya batita nih. Coba dulu pas si bungsu masih agak kecilan udah kepikiran ide ini..

    BalasHapus
  15. Anaknya mau ya dikurung begitu? Anakku dulu ga mau. Tetep aja manggil2 emaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sama aja Mbak. Ini emaknya ikut dikurung kok :D tapi kadang kalo dikasih cemilan yo anteng sih :D

      Hapus
  16. Keni itu maksudnya knee ya alias siku? Soalnya pnh denger tukang2 blg itu hehehe.. aku pnh bikin yg skala kecil mba.. dan gagal krn di rusakin anak2ku. Cm berumur sebentar hiks.. anak2ku superb deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak haha bahasa kitanya aja itu :v
      Ini belum tau sih tahan brp lama. Sejauh ini masih aman :D

      Hapus
  17. idenya keren mba :D tinggal nambahin alasnya anak pasti betah ya

    BalasHapus
  18. Wah... seru ini...
    Mari kita siapkan bayinya dulu
    Hihihi,,,

    BalasHapus
  19. wah.... gak pernah kepikiran bikin beginian...
    coba besok klo anak ke dua he2

    BalasHapus
  20. Seru mbak, sayang rumahku mungil hehe
    TFS

    BalasHapus

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.